Skip to main content

Pengalaman Naik The Access Narita, Transportasi Murah Dari Narita Ke Pusat Kota Tokyo

Sumber foto: jpninfo.com

Sudah dua kali saya berkunjung ke Tokyo, dan selalu memilih moda transportasi ini untuk ke pusat kota dari Narita International Airport karena lebih murah dibanding moda transportasi lainnya. Namanya adalah The Access Narita. The Access Narita adalah bus yang disediakan oleh perusahaan JR sebagai salah satu moda transportasi di Narita International Airport. Berikut ini adalah review saya tentang The Access Narita. Oh ya, artikel ini khusus bagi kamu yang sampai di Narita saja ya, bukan Haneda.

Murah!

Seperti judul artikel ini, menggunakan The Access Narita ke pusat kota adalah salah satu upaya saya untuk menghemat biaya. Harganya cuma 1000 JPY saja atau sekitar Rp. 133.000 saja (kurs 1 JPY = Rp. 133) untuk dewasa, dan potongan 50% untuk anak-anak umur 6-12 tahun (free untuk anak usia 1-6 tahun). Menurut saya, ini sudah sangat murah dibanding harus naik train, atau juga naik airport limousine bus. Perlu diketahui juga, harga akan berubah menjadi 2000 JPY jika kamu naik pada saat tengah malam hingga subuh.

Nyaman, bersih, dan aman

Seperti yang sudah banyak orang tahu bahwa seluruh moda transportasi di Jepang itu sangat nyaman dan aman, tidak terkecuali The Access Narita ini. Tempat duduknya nyaman, kebersihan terjaga, dan tentunya aman. Oh ya, di dalam bus juga disediakan toilet sehingga kamu tidak perlu khawatir jika ingin buang air kecil ketika perjalanan.

Kondisi di dalam bus

Driver yang ramah

Sepengalaman saya, driver juga selalu ramah ke penumpang. Meskipun banyak dari mereka yang tidak bisa berbahasa Inggris, namun jika kamu bertanya dalam bahasa Inggris, mereka akan berusaha untuk menjelaskan dengan baik meskipun terbata-bata karena keterbatasan kemampuan bahasa Inggris mereka.

Cocok buat kamu yang tinggal di sekitar Tokyo Station dan Ginza

Setelah berangkat dari Narita Airport, bus akan berangkat langsung menuju pemberhentian pertama, yaitu Tokyo Station dan pemberhentian terakhir yaitu Ginza. Jika kamu menginap di area ini, maka The Access Narita bisa jadi moda transportasi paling cocok buat kamu. 

Tidak repot ketika membeli tiket

Ini adalah salah satu keunggulan The Access Narita yaitu kemudahan membeli tiket. Kamu tidak perlu mencari konter tempat membeli tiket karena kamu hanya perlu menyediakan 1000 JPY saja sebelum naik bus. Ketika bus datang, kamu hanya perlu memasukkan uang ke dalam mesin yang ada di samping driver. 

Tidak masalah kalau bawa koper banyak

Kamu tidak akan kerepotan dengan koper-koper kamu kalau kamu naik The Access Narita. Koper kamu akan diletakkan di bagasi dan juga akan diberikan luggage tag oleh petugas sebelum bus datang. Sebutkan saja destinasi tujuan kamu ke petugas, dan mereka akan meletakkan koper kamu ke dalam tempat bagasi sesuai dengan destinasi kamu.

Tapi, kekurangannya apa?

Setiap ada kelebihan pasti ada kekurangan. Nah, kalau kamu memutuskan untuk naik moda tranportasi bus untuk menuju ke pusat kota atau sebaliknya, besar kemungkinan kamu akan menemukan traffic jam atau macet. Kondisi ini pasti akan membuat jadwal perjalanan kamu terganggu, oleh karena itu pertimbangkan terlebih dahulu sebelum kamu memilih untuk naik bus. Biasanya, durasi perjalanan dari Narita ke pusat kota (Tokyo Station) adalah 1 jam saja kalau lancar. Tapi, akan mencapai 2 jam kalau sedang macet dan saya sudah mengalaminya sendiri. Karena saya tidak dikejar oleh waktu, saya tidak masalah dengan itu.

Lokasi halte The Access Narita di bandara

  • Terminal 1: di halte lobby kedatangan nomor 15
  • Terminal 2: di halte lobby kedatangan nomor 2 dan 17
  • Terminal 3: di halte lobby kedatangan nomor 2
Masih bingung? Coba buka website ini untuk informasi lebih detail.

Selain The Access Narita, apa ada bus lainnya yang juga murah?

Ada, namanya Tokyo Shuttle. Harganya juga sama dengan The Access Narita, tapi kamu harus membeli tiket terlebih dahulu di konter Keisei Bus. Kekurangan Tokyo Shuttle lainnya adalah tidak adanya toilet di dalam bus. 

Bonus!

Kamu bisa naik The Access Narita (dan juga Tokyo Shuttle) secara gratis lho! Sebagai member dari Japan Airlines Mileage Bank, saya pernah memperoleh kupon gratis untuk sekali jalan naik The Access Narita & Tokyo Shuttle. Caranya mudah, dengan mendaftar sebagai member, saya dikirimkan kartu member dan juga kupon bus paling lama satu bulan setelah mendaftar. Kupon bus tersebut saya bawa dan berikan ke driver saja, tidak perlu membayar lagi. Terima kasih, JAL Mileage Bank dan Fun! Japan. Infonya bisa dilihat disini langsung ya.

Kamu bisa lihat juga video tentang The Narita Access disini.

Comments

Popular posts from this blog

Mengajukan Visa Korea Selatan Melalui Agen Travel

Korea Selatan belakangan ini benar-benar sangat populer bagi wisatawan Indonesia. Banyak sekali WNI yang ingin berlibur kesana, tidak terkecuali saya yang berencana libur lebaran di Seoul. Setelah membuat rencana, tentu saja hal yang harus dilakukan pertama kali adalah mengurus visa. Banyak yang bilang, visa Korsel itu sulit. Selain itu, mengurus visa Korsel juga hanya bisa dilakukan di Jakarta, sedangkan bagi kota lainnya bisa menggunakan jasa agen travel yang tentunya selain lebih mahal, kita juga harus melampirkan persyaratan tambahan yang ditentukan oleh masing-masing agen travel. Saya sendiri akhirnya merasakan pengalaman mengajukan visa melalui agen travel, yaitu Dwidaya Tour. Persyaratan visa versi Dwidaya Tour Persyaratan ini mungkin sama dengan beberapa agen travel lainnya, yaitu: Paspor dengan masa berlaku 7 bulan + paspor lama. Pas foto berwarna 4 x 6 = 2 lembar dengan background warna putih. Fotokopi bukti keuangan (harus rekening koran print di bank di atas

Review XL Pass di Beberapa Negara

Setelah membahas bagaimana cara memilih travel pass yang cocok selama di Jepang, sekarang saya akan share pengalaman saya memakai XL Pass selama di Jepang. Apa sih XL Pass itu? Layanan roaming dari XL XL Pass merupakan paket roaming yang disediakan XL, namun berbeda dengan paket roaming yang disediakan operator lainnya. Sebenarnya agak susah bagi saya untuk menjelaskan XL Pass itu. Untuk gampangnya, sesuai namanya, XL Pass hanyalah pass yang bisa digunakan untuk roaming ketika di luar Indonesia. Pass itu tidak termasuk dengan kuota internet, seperti yang disediakan oleh layanan roaming dari operator selain XL. XL Pass tersedia dan bekerjasama dengan operator telekomunikasi di 39 Negara, baik di Asia ataupun Eropa. Memakai kuota dari paket yang aktif di Indonesia Nah, XL Pass tidak termasuk dengan kuota internet karena kuota internet yang terpakai adalah kuota dari paket yang aktif di Indonesia. Misalnya, di Indonesia, kamu memakai kartu XL yang ada paket internetnya,

Pengalaman Pertama ke Osaka Naik AirAsia X!

Dalam merayakan kemenangannya selama 8 tahun berturut-turut sebagai LCC terbaik di dunia, AirAsia pun memberikan promo kursi gratis di bulan Juli 2016. Saya pun menjadi salah satu orang yang beruntung mendapatkan promo itu. Saya berhasil mendapatkan harga yang super murah untuk penerbangan KUL-KIX-KUL periode libur lebaran 2017. Dengan promo itulah saya dapat mewujudkan impian saya ke salah satu destinasi impian, Jepang. Sebelum saya membahas bagaimana pengalaman jalan-jalan saya ke Osaka, saya mau membahas dulu bagaimana rasanya terbang pertama kali dengan AirAsia X di rute long-haul. Dari dulu saya penasaran bagaimana rasanya terbang dengan LCC di rute jarak jauh, dan akhirnya baru terealisasikan sekarang. Buat yang belum tahu, AirAsia X ini berbeda dengan AirAsia. Perbedaannya terletak di jenis pesawat, kelas, dan in-flight entertainment (IFE). Khusus IFE, jangan dibayangkan akan ada TV seperti di pesawat full service yah. Tentunya akan berbeda jika dibandingkan antara