Skip to main content

Review XL Pass di Beberapa Negara



Setelah membahas bagaimana cara memilih travel pass yang cocok selama di Jepang, sekarang saya akan share pengalaman saya memakai XL Pass selama di Jepang. Apa sih XL Pass itu?

Layanan roaming dari XL

XL Pass merupakan paket roaming yang disediakan XL, namun berbeda dengan paket roaming yang disediakan operator lainnya. Sebenarnya agak susah bagi saya untuk menjelaskan XL Pass itu. Untuk gampangnya, sesuai namanya, XL Pass hanyalah pass yang bisa digunakan untuk roaming ketika di luar Indonesia. Pass itu tidak termasuk dengan kuota internet, seperti yang disediakan oleh layanan roaming dari operator selain XL. XL Pass tersedia dan bekerjasama dengan operator telekomunikasi di 39 Negara, baik di Asia ataupun Eropa.

Memakai kuota dari paket yang aktif di Indonesia

Nah, XL Pass tidak termasuk dengan kuota internet karena kuota internet yang terpakai adalah kuota dari paket yang aktif di Indonesia. Misalnya, di Indonesia, kamu memakai kartu XL yang ada paket internetnya, sebut saja paket Xtra Combo. Paket itulah yang aktif dan bisa digunakan ketika menggunakan XL Pass.

Kualitas jaringan

Sampai tahun 2019, saya sudah berkali-kali menggunakan XL Pass dan hasilnya selalu membuat saya puas. Jaringannya selalu stabil bahkan di area pinggiran sekalipun. Negara yang sudah saya coba menggunakan XL Pass adalah Jepang (Tokyo, Yokohama, Nikko, Kawaguchiko, Osaka, Kyoto, Kobe, dan Nara), Korea Selatan (Seoul dan Jeju), Taiwan (Taipei), Malaysia (Kuala Lumpur), dan China (Shanghai dan Hangzhou). Rata-rata, koneksinya selalu menggunakan jaringan 4G dari operator lokal di masing-masing negara.

Bagus atau tidak?

Seperti yang sudah saya sebutkan, saya selalu puas menggunakan XL Pass ini. Saya sempat menggunakan roaming dari operator merah di Tokyo, dan koneksinya sering terputus sehingga sangat merepotkan saya apalagi ketika saya membutuhkan navigasi. Itu membuat saya selalu memakai XL Pass sebagai paket roaming favorit saya.

Cara menggunakan

Untuk menggunakan XL Pass tidaklah susah. Langkah paling pertama tentu saja membeli paket data XL, baik itu paket Hotrod ataupun Xtra Combo. Saya sendiri menggunakan Xtra Combo. Setelah itu, aktifkan XL Pass baik itu melalui *123# ataupun myXL. Ada beberapa pilihan XL Pass, yaitu untuk pass 3 hari sebesar Rp. 150.000, 5 hari sebesar Rp. 200.000, 30 hari sebesar Rp. 350.000. Saya memilih pass 5 hari sesuai dengan kebutuhan saya. Anda bias mengaktifkan XL Pass sebelum berangkat (misalnya ketika di bandara), atau juga bisa saat sudah berada di Jepang. Setelah XL Pass aktif, anda cukup mengaktifkan data roaming di ponsel anda. Saya tidak akan menjelaskan cara mengaktifkan data roaming ya, karena masing-masing handphone itu berbeda, silakan di browsing sendiri kalau tidak tahu caranya.

XL Pass sudah aktif, data roaming sudah aktif, sekarang coba atur APN nya. Pastikan APN sudah terisi dengan "internet", username dan password dikosongkan. Akhirnya, XL Pass sudah siap dipakai dan anda bisa memakai internet sepuas anda sesuai dengan kuota dari paket data yang anda miliki.

Kesimpulan

Saya cukup puas memakai XL Pass ini karena tidak ribet harus membeli kartu lokal dan harus ganti kartu. Saya pun berencana memakai XL Pass di kunjungan ke luar negeri saya selanjutnya. Oh ya, bagi anda yang bepergian dengan grup, bisa juga dipertimbangkan menyewa pocket WiFi saja dibanding memakai XL Pass karena pocket WiFi bisa dipakai untuk banyak orang, dan baterai handphone juga lebih hemat karena memakai jaringan WiFi. Ada banyak contoh rental pocket WiFi yang tersedia, misal saja JavaMifi, IziRoam, dan lain sebagainya. Untuk info tentang XL Pass lebih lanjut, klik disini.


Postingan ini dibuat murni berdasarkan opini pribadi saya.

Comments

  1. Hi kelvin. .
    Klo beli tiket airasia yg cgk - jju (transit di KL) itu msh tetep bebas visa jg bkn?

    ReplyDelete
  2. Pengalaman saya selama 7hr di Irlandia pakai XL pass jg memuaskan

    ReplyDelete
  3. hi bro kelvin... kalau untuk mifi bagus nya paket apa ya? apa bisa menggunakan xl xtra combo dengan pass di mifi? saya mau liburan bersama keluarga 6 orang..tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, untuk mifi disini menggunakan XL GO IZI ya? Jawabannya bisa. Info lebih jelas bisa dilihat saja di website XL atau telepon ke customer servicenya ya.

      Delete
  4. Mau tanya misal 2 hari lagi saya berangkat tapi saya beli xl pass sekarang apakah hari ini sudah dimulai aktivasi nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, benar, akan langsung aktif setelah pembelian berhasil.

      Delete
  5. Hai, saya rencananya mau ke Jepang 12 hari tapi transit Bangkok 12 jam di waktu datang dan pulang. Apakah saya bisa perpanjang XL PASS dengan mudah di Jepang dan kuota yang dipakai benar2 utuh misalnya beli 35GB + 35GB Youtube berarti bisa saya pakai semuanya?

    Apakah saat transit dan di Jepang perlu setting/aktivasi lagi atau hanya bisa berlaku di satu negara? Makasih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, perpanjang XL Pass di Jepang mudah kok, asalkan pulsa mencukupi untuk aktivasi, langsung aktivasi aja di *123*747# atau di aplikasi myXL. Bisa juga beli di Traveloka dan kelihatannya lebih praktis soalnya di Traveloka kita bisa pilih tanggal berapa paket akan otomatis aktif.

      Tentang kuota, benar kok, kuota yang terpakai berasal dari paket internet XL yang sedang aktif. Jadi kalau kamu punya paket yang 35GB + 35GB Youtube, kamu bisa pake semuanya di Jepang.

      Kamu bisa aktifkan XL Pass ketika di Indonesia sebelum berangkat. Pengalaman saya, saya ke Jepang transit di KL tidak perlu aktivasi ulang di KL. Paket akan terus aktif sampai masa berlakunya habis. Nah, XL Pass kan paling maksimal berlaku sampai 7 hari, kalau kamu 12 hari di Jepang, berarti paket kamu akan aktif dari awal keberangkatan hingga 7 hari ke depan, sisa 5 hari lagi, kamu harus aktivasi ulang XL Pass.

      Delete
    2. Mantap, terima kasih atas jawabannya! Saya juga lihat ada kuota telepon di Xtra Combo, apakah bisa dipakai juga di Jepang? Terima kasih!

      Delete
  6. halo, mau nanya.. sudah pernah pakai xl pass di china? reviewnya bagaimana kalau sudah pernah? apakah lancar sampai ke kota kecil dan train? rencana sy pergi ke shanghai-hangzhou-suzhou-beijing.. thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, saya sudah pakai XL Pass di Shanghai dan Hangzhou, hasilnya cukup baik, koneksi lancar dan cepat meskipun di kota kecil dan di kereta. Untuk Suzhou dan Beijing, saya belum coba.

      Delete
  7. Kalo udh aktifin xl pass, hp kita bisa di thetering gak ke hp lain?

    ReplyDelete
  8. Mau tanya, pemakaian internet di jepang boros atau tidak ya klo untuk media sosial seperti line dan instagram? Apa 5gb untuk 7 hari selama disana cukup untuk internetan jika dibantu wifi?
    Trus apakah harus tersedia pulsa di nomor hp saya untuk aktifkan xl pass selama berada di jepang? Mohon dibalas yaa thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, kalau itu sih tergantung kamu ya. Saya sendiri yang sering buka sosial media, browsing, streaming, kuota segitu masih cukup untuk 1 minggu, ditambah lagi dibantu WiFi. Kalau kamu mengaktifkan XL Pass ketika di Jepang tentunya harus ada pulsa ya :D

      Delete
  9. Halo mas Kevin, charging point nya apa di jam 24.00, ataukah paket berakhir mengikuti jam kita start ikut layanan? j

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Kalau aktifinnya waktu diluar negeri bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, bisa kok, aktifkan lewat myXL aja biar gampang.

      Delete
  12. Halo. Mau nanya. Kalo pake xl pass di china (shanghai&hangzhou), applikasi google bs dipakai dgn lancar? Perlu download vpn kah? Makasih yaa

    ReplyDelete
  13. Hi, Kevin. Pengalaman saya pakai XL PASS juga sangat memuaskan. Dr pas ke Hongkong, Thailand, Vietnam, Malaysia, China, Japan. Dan sama, meski kita d pinggiran sekalipun g da cerita lemot lemot manja. Tapi, karena sll make XL PASS, sy jd g tau kualitas paket roaming yg lain. Mungkin Kevin atau temen2 yg lain ada yg tau bagaimana kualitas dr Roaming Combo..? Yg da pengalaman, sharing yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, saya belum pernah pakai roaming combo XL, tapi seharusnya sih dari segi kualitas sama-sama bagus soalnya dari XL juga kan :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengajukan Visa Korea Selatan Melalui Agen Travel

Korea Selatan belakangan ini benar-benar sangat populer bagi wisatawan Indonesia. Banyak sekali WNI yang ingin berlibur kesana, tidak terkecuali saya yang berencana libur lebaran di Seoul. Setelah membuat rencana, tentu saja hal yang harus dilakukan pertama kali adalah mengurus visa. Banyak yang bilang, visa Korsel itu sulit. Selain itu, mengurus visa Korsel juga hanya bisa dilakukan di Jakarta, sedangkan bagi kota lainnya bisa menggunakan jasa agen travel yang tentunya selain lebih mahal, kita juga harus melampirkan persyaratan tambahan yang ditentukan oleh masing-masing agen travel. Saya sendiri akhirnya merasakan pengalaman mengajukan visa melalui agen travel, yaitu Dwidaya Tour.
Persyaratan visa versi Dwidaya Tour Persyaratan ini mungkin sama dengan beberapa agen travel lainnya, yaitu: Paspor dengan masa berlaku 7 bulan + paspor lama.Pas foto berwarna 4 x 6 = 2 lembar dengan background warna putih.Fotokopi bukti keuangan (harus rekening koran print di bank di atas kertas HVS tidak…

Review Lengkap Tentang Pengalaman ke Jeju Bersama AirAsia X

Seperti postingan saya sebelumnya yang sudah membahas tentang Jeju, sekarang saya akan membagikan pengalaman saya setelah berkunjung ke kota yang dijuluki sebagai "Hawaii of Korea" ini. Meskipun perjalanan saya sangat singkat, namun saya sangat menikmati kota ini dan tidak menyesal berkunjung ke Jeju, bahkan ingin datang lagi kesana.

INFORMASI PENTING!Sayang sekali, per 4 Februari 2020, Pemerintah Korea Selatan memutuskan untuk menghentikan program bebas visa untuk ke Jeju sehingga semua WNI yang akan berkunjung ke Jeju diwajibkan untuk memiliki visa Korea. Bagi kamu yang akan pergi ke Jeju bulan Maret 2020 sampai seterusnya, bisa mengurus visa Korea terlebih dahulu di Indonesia. Penghentian bebas visa ini dikarenakan wabah virus Corona yang sedang heboh awal tahun 2020 ini dan belum bisa dipastikan kapan bebas visa akan dibuka lagi. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa cek Instagram KVAC di @kvac_id atau langsun menghubungi kedutaan Korea Selatan di Indonesia.
Dari Kual…

Pengalaman Mengurus Visa China di Surabaya

Seperti yang kita tahu, setiap WNI yang akan berlibur ke daratan China perlu mengurus visa turis. Visa turis dapat dibuat 3 bulan sebelum keberangkatan, namun banyak yang menyarankan visa sebaiknya dibuat 30 hari sebelum keberangkatan. Karena itulah, saya pun juga mengurus visa China tepat 30 hari sebelum saya berangkat. Apa saja yang diperlukan untuk mengurus visa China?
Memesan tiket pesawat dan hotel. Sebagai turis, kita wajib membuktikan bahwa kedatangan kita hanyalah untuk jalan-jalan saja, tidak ada kepentingan lain yaitu bekerja dan menetap disana. Oleh karena itu, memesan tiket pesawat dan hotel merupakan syarat utama dalam pengajuan Visa China. Perlu diingat bahwa tiket pesawat dan hotel sudah dalam bentuk PAID atau telah dibayar, bukan dalam bentuk dummy booking. 
Berbekal tiket promo AirAsia X yang saya dapatkan bulan September 2017, akhirnya saya memutuskan untuk berlibur ke Shanghai pada libur lebaran 2018. Tiket sudah dibeli, hingga kemudian pada bulan Maret 2018, saya …