Skip to main content

Staycation di Tune Hotel Surabaya (sekarang Red Planet Hotel Surabaya)


Bosan dengan rutinitas sehari-hari, saya mencoba untuk staycation alias istirahat di hotel saja. Meskipun saya punya tempat tinggal di Surabaya, tapi mencoba untuk staycation menjadi hal yang baru saya lakukan. Karena masih berstatus mahasiswa dan belum bekerja, saya memilih untuk staycation di budget hotel saja. Asalkan hotel tersebut nyaman untuk dihuni, saya tidak masalah. Untuk itulah, saya mencoba staycation di Tune Hotel Surabaya.

Kualitas Tune Hotel memang tidak pernah saya ragukan lagi. Saya sudah mencoba untuk menginap di Tune Hotel Downtown KL dan Tune Hotel Johor Bahru, dan tidak ada kekecewaan selama menginap di jaringan Tune Hotel ini, jadi memilih Tune Hotel Surabaya adalah pilihan yang tepat bagi saya.


Lokasi


Lokasi dari Tune Hotel Surabaya ini menurut saya masih berada di tengah kota, atau tepatnya mungkin pinggiran tengah kota. Dari Bandara Juanda, bisa ditempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam. Pusat perbelanjaan terdekat adalah Tunjungan Plaza, dapat ditempuh selama 15 menit.

Bagi yang tidak membawa kendaraan, tenang saja, karena beberapa taksi selalu stand by di depan hotel ini. Namun, untuk yang membawa mobil, area parkirnya masih kurang luas sehingga apabila hotel ini penuh, bisa-bisa akan parkir mobil di area sekitar hotel. Kalau untuk parkir sepeda motor, boleh saya bilang cukup dan aman karena ada security yang berjaga disana.

Pelayanan


Lobi hotel tidak berada di lantai bawah, melainkan di lantai 2 sehingga ketika anda sampai, anda tinggal naik lift untuk menuju lantai 2. Staf resepsionis juga ramah dan proses check in cukup cepat.

Fasilitas

Seperti Tune Hotel lainnya, terdapat fasilitas early check in. Saya menikmati fasilitas ini karena seharusnya check in pukul 14.00, tetapi saya check in pukul 12.00. Namun perlu diperhatikan, fasilitas ini membutuhkan biaya tambahan. (fasilitas ini mungkin tidak tersedia untuk Red Planet Hotel)


Fasilitas lainnya adalah adanya restoran di samping area resepsionis, namanya Kopi Oey. Karena hotel ini tidak menyediakan breakfast, maka restoran ini cukup bermanfaat bagi anda yang ingin breakfast. Breakfast memang tersedia di hotel ini, tetapi juga butuh biaya tambahan.

Perlu diperhatikan juga, karena ini budget hotel dan fungsinya hanyalah sebagai tempat istirahat saja, maka tidak akan ada fasilitas seperti fitness area dan swimming pool.

Kamar

Saya menginap di kamar double room yang memiliki satu tempat tidur ukuran king. Yang selalu saya suka dari Tune Hotel adalah, kualitas tempat tidurnya sama seperti hotel berbintang lima, empuk dan nyaman.

Double Room

Luas kamar Tune Hotel sama seperti hotel budget lainnya. Tidak luas, dan terkesan sempit bagi beberapa orang. Tapi, menurut saya, luasnya sudah pas bagi saya sendirian, dan memang sempit apabila yang menginap satu keluarga.

Peralatan mandi yang ada di hotel ini yaitu Head and Body Wash, sabun, serta handuk. Tidak ada sikat gigi, namun anda bisa membelinya di meja resepsionis karena mereka menjual beberapa peralatan mandi.

Head and Body Wash dan sabun

Beberapa barang yang dijual di meja resepsionis

Fasilitas dalam kamar lainnya adalah kipas angin, AC, televisi, meja gantung, tempat gantungan baju, hair dryer, brankas, dan WiFi. Untuk WiFi, koneksinya cukup cepat.

Kemudian, jangan berharap sebuah view bagus yang bisa anda pandang dalam kamar. Untuk kamar saya, view nya hanyalah sebuah tempat parkir dari gedung yang ada di samping hotel ini.

Cara Pesan

Sekarang, sudah banyak agen perjalanan online untuk memesan hotel, seperti Tiket.com, Pegi-pegi, Agoda, Booking.com, Traveloka, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa memesan hotel ini melalui situsnya langsung, yaitu tunehotels.com (karena sudah berubah nama, untuk memesan hotel ini anda bisa mengunjungi redplanethotels.com).

Saya memesan kamar hotel ini melalui Traveloka, dimana semua paket sudah termasuk dalam harga sehingga saya mendapatkan fasilitas AC 24 jam, televisi 24 jam, peralatan mandi, dan WiFi 24 jam. Apabila anda memesannya di situsnya langsung, maka anda tinggal memilih fasilitas mana yang ingin anda dapatkan, lalu bayar biaya tambahannya (sistem seperti ini tidak diterapkan oleh Red Planet Hotels sehingga anda mendapatkan semua fasilitas tanpa biaya tambahan lagi).

Update

Tune Hotel Surabaya kini sudah berubah menjadi Red Planet Hotels. Bukan hanya di Surabaya, melainkan beberapa jaringan Tune Hotel di Indonesia sudah berubah menjadi Red Planet Hotels. Saat ini, Tune Hotel di Indonesia hanya ada di Bandung dan Yogyakarta.

Comments

Popular posts from this blog

Mengajukan Visa Korea Selatan Melalui Agen Travel

Korea Selatan belakangan ini benar-benar sangat populer bagi wisatawan Indonesia. Banyak sekali WNI yang ingin berlibur kesana, tidak terkecuali saya yang berencana libur lebaran di Seoul. Setelah membuat rencana, tentu saja hal yang harus dilakukan pertama kali adalah mengurus visa. Banyak yang bilang, visa Korsel itu sulit. Selain itu, mengurus visa Korsel juga hanya bisa dilakukan di Jakarta, sedangkan bagi kota lainnya bisa menggunakan jasa agen travel yang tentunya selain lebih mahal, kita juga harus melampirkan persyaratan tambahan yang ditentukan oleh masing-masing agen travel. Saya sendiri akhirnya merasakan pengalaman mengajukan visa melalui agen travel, yaitu Dwidaya Tour. Persyaratan visa versi Dwidaya Tour Persyaratan ini mungkin sama dengan beberapa agen travel lainnya, yaitu: Paspor dengan masa berlaku 7 bulan + paspor lama. Pas foto berwarna 4 x 6 = 2 lembar dengan background warna putih. Fotokopi bukti keuangan (harus rekening koran print di bank di atas

Review XL Pass di Beberapa Negara

Setelah membahas bagaimana cara memilih travel pass yang cocok selama di Jepang, sekarang saya akan share pengalaman saya memakai XL Pass selama di Jepang. Apa sih XL Pass itu? Layanan roaming dari XL XL Pass merupakan paket roaming yang disediakan XL, namun berbeda dengan paket roaming yang disediakan operator lainnya. Sebenarnya agak susah bagi saya untuk menjelaskan XL Pass itu. Untuk gampangnya, sesuai namanya, XL Pass hanyalah pass yang bisa digunakan untuk roaming ketika di luar Indonesia. Pass itu tidak termasuk dengan kuota internet, seperti yang disediakan oleh layanan roaming dari operator selain XL. XL Pass tersedia dan bekerjasama dengan operator telekomunikasi di 39 Negara, baik di Asia ataupun Eropa. Memakai kuota dari paket yang aktif di Indonesia Nah, XL Pass tidak termasuk dengan kuota internet karena kuota internet yang terpakai adalah kuota dari paket yang aktif di Indonesia. Misalnya, di Indonesia, kamu memakai kartu XL yang ada paket internetnya,

Pengalaman Pertama ke Osaka Naik AirAsia X!

Dalam merayakan kemenangannya selama 8 tahun berturut-turut sebagai LCC terbaik di dunia, AirAsia pun memberikan promo kursi gratis di bulan Juli 2016. Saya pun menjadi salah satu orang yang beruntung mendapatkan promo itu. Saya berhasil mendapatkan harga yang super murah untuk penerbangan KUL-KIX-KUL periode libur lebaran 2017. Dengan promo itulah saya dapat mewujudkan impian saya ke salah satu destinasi impian, Jepang. Sebelum saya membahas bagaimana pengalaman jalan-jalan saya ke Osaka, saya mau membahas dulu bagaimana rasanya terbang pertama kali dengan AirAsia X di rute long-haul. Dari dulu saya penasaran bagaimana rasanya terbang dengan LCC di rute jarak jauh, dan akhirnya baru terealisasikan sekarang. Buat yang belum tahu, AirAsia X ini berbeda dengan AirAsia. Perbedaannya terletak di jenis pesawat, kelas, dan in-flight entertainment (IFE). Khusus IFE, jangan dibayangkan akan ada TV seperti di pesawat full service yah. Tentunya akan berbeda jika dibandingkan antara