Skip to main content

Ulasan dan Pengalaman Menggunakan Traveloka


Bagi anda yang punya jiwa backpacker atau juga traveler yang punya minim dana, pasti anda akan selalu mencari harga tiket promo yang diberikan oleh maskapai penerbangan baik yang LCC atau full service airline. Ternyata, sekarang ada situs travel agent yang menawarkan harga sedikit lebih murah dibanding website resmi maskapai yang bersangkutan. Ya, itulah Traveloka.

Saya sendiri baru mengenal Traveloka sekitar 3 bulan yang lalu (April 2014), dimana ada seseorang yang saya follow di Twitter mempromosikan Traveloka melalui tweet nya. Saya pun penasaran, namun saya masih belum percaya sepenuhnya bahwa Traveloka aman karena banyak situs seperti itu yang sering kali membohongi kita sebagai customer. Namun, saya pun akhirnya percaya bahwa Traveloka adalah situs travel agent yang aman untuk digunakan. Berikut ini adalah review saya ketika menggunakan Traveloka.

Harga

Harga yang disediakan Traveloka biasanya lebih murah dibandingkan harga di situs maskapai. Memang, perbedaannya tidak signifikan alias berbeda sedikit saja. Namun, jika anda memiliki kode kupon, anda bisa menghemat hingga puluhan hingga ratusan ribu rupiah untuk membeli tiket pesawat ataupun voucher hotel.

Banyak pilihan maskapai dan hotel

Sekarang, saya melihat hampir semua maskapai bisa dibeli tiketnya melalui Traveloka, begitu pula dengan daftar hotel.

Banyaknya promo

Macam-macam promo di Traveloka

Banyak sekali promo yang ada di Traveloka, baik itu promo dari bank-bank yang bekerja sama dengan Traveloka, ataupun promo mingguan yang diberikan dari Traveloka. Tak hanya itu, ada program "Traveloka 4U" dimana biasanya Traveloka memberikan kupon diskon bagi pengguna khusus yang sudah memiliki akun Traveloka.

User Friendly

Dibandingkan situs travel agent lainnya, Traveloka hadir sebagai penyegaran dan terbukti lebih mudah digunakan dibanding situs travel agent lainnya. Fitur yang tersedia sangat jelas fungsinya dan tidak membingungkan saya sebagai user ketika menggunakannya. Ketika membeli tiket atau voucher pun prosesnya tidak rumit sehingga saya bisa menyelesaikan transaksi saya dengan cepat.

Banyak pilihan metode pembayaran

Metode pembayaran di Traveloka

Banyak sekali metode pembayaran yang bisa anda gunakan untuk membeli tiket, sehingga bagi anda yang tidak memiliki kartu kredit, bisa mencoba metode seperti transfer ATM ataupun pembayaran melalui minimarket.

Aman

Pemberitahuan dari Traveloka

Selama ini, saya sangat puas dalam menggunakan Traveloka. Saya percaya dengan sistem keamanan mereka, terlebih lagi ada fitur untuk mengirimkan OTP ke nomor handphone dan juga pemberitahuan ke email setiap kali melakukan login sehingga kita bisa melacak apabila ada aktivitas mencurigakan di akun kita. Sistem keamanan pembayarannya juga aman sehingga tidak perlu khawatir setiap melakukan transaksi.

E-Ticket


E-Ticket yang didapatkan setelah transaksi berhasil

Setelah selesai membeli, anda akan mendapat e-ticket yang dikirimkan langsung ke anda. E-ticket tersebut tidak perlu di print. Anda cukup simpan saja di email dan tunjukkan kepada petugas ketika anda sudah di bandara.


Update hingga 2018

Di tahun 2018, Traveloka semakin menambahkan fitur-fitur di dalamnya. Kehadiran banyak fitur ini menurut saya memang fitur-fitur yang dibutuhkan oleh para traveler pada umumnya. Fitur-fitur tersebut antara lain:
  • Paket Flight + Hotel. Melalui paket ini, kita bisa membeli penerbangan dan voucher hotel dalam satu nomor transaksi dan pastinya lebih hemat dibandingkan pembelian terpisah. Saya sendiri telah menggunakan fitur ini, dan memang terbukti hemat banyak. Simak cerita saya disini.
  • Top Up & Data. Ini nih yang paling penting bagi setiap orang, yaitu isi pulsa dan pembelian paket data. Saya juga sangat sering menggunakan fitur ini dibandingkan di Tokopedia, JD, Bukalapak, dan lainnya karena pembelian top-up dan data di Traveloka sering lebih murah, dan sering ada kupon potongan harga.
  • International Data Plans. Fitur ini berfungsi untuk pembelian paket data roaming dan juga sewa WiFi untuk pemakaian di luar negeri. Apabila anda akan ke luar negeri, bisa membeli paket roaming di Traveloka, atau juga jika membutuhkan WiFi, bisa membeli rental WiFi di Traveloka untuk dipakai di beberapa Negara, seperti Malaysia, Singapura, Jepang, dan Korea.
  • Attraction & Activities. Untuk fitur ini saya belum pernah menggunakannya. Fitur ini untuk membeli kupon masuk ke tempat wisata di beberapa Negara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, dan lainnya. Misalnya anda mau beli kupon masuk Universal Studios Singapore, bisa memanfaatkan fitur ini. Biasanya, kupon potongan harga untuk Attraction & Activities dibagikan setiap minggu sehingga membeli kupon masuk wisata bisa lebih hemat.
  • Tiket kereta api. Untuk fitur ini tidak perlu dijelaskan karena pasti anda tahu fungsinya untuk apa. Membeli tiket kereta api di Traveloka juga sering lebih hemat karena adanya kupon potongan harga. Oh ya, Traveloka juga menyediakan pembelian tiket kereta api Bandara Kuala Namu Medan menuju Stasiun Medan dan sebaliknya.
  • Cicilan. Nah, ini fitur yang sangat berguna ketika melakukan transaksi dalam jumlah besar. Traveloka menyediakan fitur cicilan dengan tenor 3 dan 6 bulan untuk kartu kredit tertentu. Terkadang, mereka juga memberikan promo cicilan 0% juga lho!
  • Poins. Fitur ini bisa saya bilang terlambat masuk ke Traveloka karena kompetitornya, seperti Tiket.com, sudah ada fitur ini sejak dulu. Lewat fitur ini, anda dapat mengumpulkan poin untuk ditukarkan sebagai kupon potongan harga setiap membeli voucher hotel atau tiket pesawat. Minimal poin yang bisa ditukarkan adalah 1000 poin yang setara dengan Rp. 100.000. Sayangnya, tidak seperti Tiket.com, anda tidak bisa mengumpulkan poin apabila anda melakukan transaksi dengan menggunakan kupon potongan harga, dengan kata lain, poin hanya bisa diraih dengan transaksi harga normal.
  • Bills & Top-Up. Sekarang, anda bisa membayar tagihan listrik, PDAM, telepon, dan BPJS melalui Traveloka.
  • Bus & Shuttle. Tidak hanya melayani pemesanan tiket pesawat & hotel, Traveloka juga memiliki fitur pembelian tiket bus. Sekarang, anda tidak perlu repot-repot lagi mengantri di loket bis untuk membeli tiket.
  • Airport Transport. Nah, fitur ini berguna bagi anda yang mencari transportasi dari airport menuju ke pusat kota. Fitur ini berguna bagi anda yang bepergian bersama keluarga ataupun teman-teman.
  • Cicilan Tanpa Kartu. Traveloka memiliki sistem pembayaran dengan cara cicilan tanpa kartu. Fungsinya sama seperti Akulaku atau Kredivo, karena anda bisa mencicil transaksi anda di Traveloka meskipun anda tidak memiliki kartu kredit. 

Kesimpulan

Saya sangat merekomendasikan Traveloka. Dengan berbagai fitur dan keuntungan yang ada, saya menjadikan Traveloka sebagai pilihan utama saya ketika membeli tiket pesawat, voucher hotel, dan top up & data. Saya semakin menyukai Traveloka karena inovasi-inovasi yang mereka hadirkan.

Oh ya, saya menyarankan untuk registrasi terlebih dahulu sebagai member agar ketika booking, info pemesan sudah otomatis ada dan juga rincian pemesanan bisa dilihat juga di profil kita, jadi aman kalau saja kita kehilangan nomor pemesanan dan juga e-tiket yang udah dikirim sebelumnya ke email kita.

Postingan ini adalah murni berdasarkan opini pribadi saya.

Comments

Popular posts from this blog

Mengajukan Visa Korea Selatan Melalui Agen Travel

Korea Selatan belakangan ini benar-benar sangat populer bagi wisatawan Indonesia. Banyak sekali WNI yang ingin berlibur kesana, tidak terkecuali saya yang berencana libur lebaran di Seoul. Setelah membuat rencana, tentu saja hal yang harus dilakukan pertama kali adalah mengurus visa. Banyak yang bilang, visa Korsel itu sulit. Selain itu, mengurus visa Korsel juga hanya bisa dilakukan di Jakarta, sedangkan bagi kota lainnya bisa menggunakan jasa agen travel yang tentunya selain lebih mahal, kita juga harus melampirkan persyaratan tambahan yang ditentukan oleh masing-masing agen travel. Saya sendiri akhirnya merasakan pengalaman mengajukan visa melalui agen travel, yaitu Dwidaya Tour. Persyaratan visa versi Dwidaya Tour Persyaratan ini mungkin sama dengan beberapa agen travel lainnya, yaitu: Paspor dengan masa berlaku 7 bulan + paspor lama. Pas foto berwarna 4 x 6 = 2 lembar dengan background warna putih. Fotokopi bukti keuangan (harus rekening koran print di bank di atas

Review XL Pass di Beberapa Negara

Setelah membahas bagaimana cara memilih travel pass yang cocok selama di Jepang, sekarang saya akan share pengalaman saya memakai XL Pass selama di Jepang. Apa sih XL Pass itu? Layanan roaming dari XL XL Pass merupakan paket roaming yang disediakan XL, namun berbeda dengan paket roaming yang disediakan operator lainnya. Sebenarnya agak susah bagi saya untuk menjelaskan XL Pass itu. Untuk gampangnya, sesuai namanya, XL Pass hanyalah pass yang bisa digunakan untuk roaming ketika di luar Indonesia. Pass itu tidak termasuk dengan kuota internet, seperti yang disediakan oleh layanan roaming dari operator selain XL. XL Pass tersedia dan bekerjasama dengan operator telekomunikasi di 39 Negara, baik di Asia ataupun Eropa. Memakai kuota dari paket yang aktif di Indonesia Nah, XL Pass tidak termasuk dengan kuota internet karena kuota internet yang terpakai adalah kuota dari paket yang aktif di Indonesia. Misalnya, di Indonesia, kamu memakai kartu XL yang ada paket internetnya,

Pengalaman Pertama ke Osaka Naik AirAsia X!

Dalam merayakan kemenangannya selama 8 tahun berturut-turut sebagai LCC terbaik di dunia, AirAsia pun memberikan promo kursi gratis di bulan Juli 2016. Saya pun menjadi salah satu orang yang beruntung mendapatkan promo itu. Saya berhasil mendapatkan harga yang super murah untuk penerbangan KUL-KIX-KUL periode libur lebaran 2017. Dengan promo itulah saya dapat mewujudkan impian saya ke salah satu destinasi impian, Jepang. Sebelum saya membahas bagaimana pengalaman jalan-jalan saya ke Osaka, saya mau membahas dulu bagaimana rasanya terbang pertama kali dengan AirAsia X di rute long-haul. Dari dulu saya penasaran bagaimana rasanya terbang dengan LCC di rute jarak jauh, dan akhirnya baru terealisasikan sekarang. Buat yang belum tahu, AirAsia X ini berbeda dengan AirAsia. Perbedaannya terletak di jenis pesawat, kelas, dan in-flight entertainment (IFE). Khusus IFE, jangan dibayangkan akan ada TV seperti di pesawat full service yah. Tentunya akan berbeda jika dibandingkan antara