Skip to main content

Johor Bahru Untuk Pertama Kalinya


Setelah postingan saya sebelumnya mengenai ulasan perjalanan saya dari Surabaya hingga berangkat menuju Johor Bahru, kali ini saya akan memberikan ulasan mengenai pengalaman saya selama berada di Johor Bahru.

Johor Bahru merupakan kota yang sedang berkembang. Pembangunan sedang terjadi dimana-mana. Hal ini dikarenakan pemerintah Malaysia ingin menjadikan Johor Bahru sebagai destinasi wisata menarik lainnya bagi turis selama di Malaysia. Berikut ini adalah pengalaman saya selama berada di Johor Bahru.

Tiba di Johor Bahru

Bandara di Johor Bahru bernama Bandara Internasional Senai. Bandara ini tidak terlalu besar dan terlihat berantakan. Paling tidak seperti itulah yang kesan pertama saya ketika di bandara ini.

Transportasi ke pusat kota

Untuk menuju pusat kota, kamu dapat naik taksi ataupun bus. Kali ini, saya mencoba naik Skybus, bus resmi milik AirAsia yang beroperasi dari bandara ke beberapa hotel di Johor Bahru. Hotel tempat saya menginap adalah Tune Hotel Danga Bay, Johor, dan kebetulan bus ini dapat mengantarkan saya langsung ke hotel. Untuk membeli tiket Skybus, kamu bisa membelinya di ticket counter yang terdapat di area bandara. Setelah keluar dari area kedatangan, kamu akan melihat ticket counter baik untuk Skybus ataupun juga taksi.

Kerugian dari naik Skybus adalah rugi waktu. Jika bus belum tersedia, kamu harus menunggu sampai bus datang. Setelah itu, kamu juga harus menunggu penumpang lainnya sampai driver memutuskan untuk berangkat. Beda halnya jika naik taksi dimana kamu langsung diantar ke tujuan kamu pada saat itu juga.

Sayangnya, Skybus tidak lagi beroperasi per 10 Desember 2015 sehingga moda transportasi ke pusat kota hanyalah taksi.


Hotel

Banyak hotel yang dapat dipilih di Johor Bahru, namun pilihan saya tetap jatuh kepada Tune Hotel. Selain harga yang terjangkau, nama Tune Hotel akan menjamin kenyamanan dan keamanan seperti pada Tune Hotel lainnya. Lokasinya juga strategis, yaitu di kawasan Danga Bay, sebuah kawasan yang sedang dalam pembangunan dan nantinya akan dibuat mirip seperti Sentosa Island, Singapura.

Tune Hotel Danga Bay, Johor, memiliki standar yang sama dengan Tune Hotel lainnya. Terdapat 7-11 (Sevel) untuk kebutuhan sehari-hari anda dan banyak restoran di sekitarnya. Kalau kamu menerima fasilitas breakfast dari Tune Hotel, kamu akan menerima voucher breakfast di sebuah restoran makanan Melayu yang ada di samping Tune Hotel. Tapi, jangan pikir kamu akan menerima breakfast seperti hotel-hotel lainnya ya. Breakfastnya hanya sekedar nasi lemak dengan teh saja.

Transportasi dalam Kota

Untuk berkeliling kota Johor Bahru, kamu bisa menggunakan taksi. Tarif taksi di Johor Bahru tidak begitu mahal sehingga tidak akan membuat kamu kehabisan banyak biaya untuk transportasi. Tapi perlu diingat, tidak semua taksi menggunakan argo.

Menuju Singapura

Seperti yang kamu ketahui, Johor Bahru sangat dekat dengan Singapura. Jika kamu berkunjung ke Johor Bahru, kamu juga bisa sekalian mengunjungi Singapura, begitu juga sebaliknya. Warga Singapura pun sering datang ke Johor Bahru pada saat weekend untuk berbelanja.

Untuk menuju Singapura, silakan datang ke JB Sentral, tempat dimana bis-bis berkumpul. Bis yang saya rekomendasikan untuk ke Singapura adalah Causeway Link (Update: Causeway Link tidak melayani rute Johor Bahru - Singapura lagi, silakan mencari informasi lainnya di Google mengenai cara menuju ke Singapura lewat Johor Bahru).

Yang Harus Dikunjungi

Atraksi wisata paling terkenal di Johor Bahru adalah Legoland. Legoland ini merupakan yang pertama di Asia sehingga kamu harus mengunjungi tempat ini selama ada di Johor Bahru. Untuk mencapai Legoland, saya naik taksi dari Tune Hotel dengan ongkos 60-80 MYR (dengan argo). Lokasi Legoland yang berada di kawasan baru, bisa dibilang di pinggiran Johor Bahru, memakan waktu paling lama sekitar 30 menit dari pusat kota Johor Bahru. Sesampainya di kawasan Legoland, kamu akan masuk dulu ke Mall of Medini. Berjalanlah terus hingga ke belakang dan kamu akan menemukan sign Legoland yang sangat besar serta Legoland Hotel yang unik. Selamat datang di Legoland!

Selain Legoland, ada beberapa tempat wisata lainnya namun juga bertemakan theme park, seperti Hello Kitty Land dan Puteri Harbour. Saya sendiri belum pernah mencoba kedua tempat tersebut karena tempat tersebut hanya cocok bagi kamu yang membawa keluarga dan anak kecil, terutama anak perempuan. Untuk itulah, setelah mengunjungi Legoland, saya langsung ke Johor Premium Outlet (JPO). Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan tempat dimana outlet-outlet premium, atau barang-barang branded tersedia. Untuk menuju JPO, kamu bisa naik taksi dari Legoland.

Perlu diketahui, baik Mall of Medini atau Legoland merupakan tempat yang baru dibuka sehingga tidak ada taxi stand disana. Saya pun kesulitan mencari taksi. Untuk itulah saya menuju ke tempat parkir bis (terdapat petunjuk yang jelas di Legoland untuk menuju tempat parkir bis). Disana, saya menemukan taksi, namun taksi premium. Mobil yang digunakan adalah sejenis APV, jadi dapat memuat banyak penumpang sehingga tidak cocok bagi kamu yang hanya berdua saja. Oleh karena itu, supir taksi mencari penumpang lain dengan tujuan yang sama agar dapat sharing ongkos sehingga tidak mahal. Kebetulan saya mendapat penumpang lain yang ingin ke JPO, dan dia juga berasal dari Medan. Ongkos taksinya sekitar 130 MYR per mobil, dan jarak tempuh Legoland ke JPO sekitar 30 menit.

Saya pun tiba di JPO. Suasananya sangat gersang, terlihat sekali bahwa tempat ini masih baru. Ternyata semua tempat menarik di Johor Bahru adalah tempat-tempat yang baru dibangun. JPO merupakan pusat perbelanjaan barang-barang branded satu-satunya di Johor Bahru. Saya pun sering bertemu warga Singapura disini. Wajar saja, harga-harga barang branded di JPO lebih murah dari Singapura.

Ada banyak barang branded disini, dan rata-rata sedang ada sale. Jika kamu ke JPO, berjalanlah secara perlahan-lahan sambil memperhatikan satu per satu toko yang ada disana. Ketika ada sale, beli saja barang tersebut, daripada menyesal kemudian. JPO memang surga belanja di Johor Bahru, jadi pastikan kamu mampir ke tempat ini.

Pergi ke Johor Bahru

Untuk menuju Johor Bahru, terdapat direct flight dari Jakarta dan Surabaya dengan menggunakan AirAsia. Kamu juga bisa terbang terlebih dahulu ke Kuala Lumpur, lalu terbang lagi ke Johor Bahru. Ada banyak maskapai dari KUL - JHB, di antaranya Malaysia Airlines, Firefly, Malindo Air, dan AirAsia. Bisa juga melalui Singapura, yang menggunakan MRT ke Woodland lalu dilanjutkan menggunakan bis dari Woodland ke JB Sentral.

Kesimpulan

Di kunjungan saya tahun 2014, pembangunan sedang terjadi dimana-mana sehingga mungkin kamu akan melihat Johor Bahru agak sedikit kumuh. Tetapi, mungkin sekarang, kawasan Johor Bahru sudah menjelma menjadi kawasan wisata terbaik di Malaysia karena fokus pemerintah Malaysia yang ingin mengembangkan Johor Bahru menjadi lebih baik.

Comments

Popular posts from this blog

Mengajukan Visa Korea Selatan Melalui Agen Travel

Korea Selatan belakangan ini benar-benar sangat populer bagi wisatawan Indonesia. Banyak sekali WNI yang ingin berlibur kesana, tidak terkecuali saya yang berencana libur lebaran di Seoul. Setelah membuat rencana, tentu saja hal yang harus dilakukan pertama kali adalah mengurus visa. Banyak yang bilang, visa Korsel itu sulit. Selain itu, mengurus visa Korsel juga hanya bisa dilakukan di Jakarta, sedangkan bagi kota lainnya bisa menggunakan jasa agen travel yang tentunya selain lebih mahal, kita juga harus melampirkan persyaratan tambahan yang ditentukan oleh masing-masing agen travel. Saya sendiri akhirnya merasakan pengalaman mengajukan visa melalui agen travel, yaitu Dwidaya Tour. Persyaratan visa versi Dwidaya Tour Persyaratan ini mungkin sama dengan beberapa agen travel lainnya, yaitu: Paspor dengan masa berlaku 7 bulan + paspor lama. Pas foto berwarna 4 x 6 = 2 lembar dengan background warna putih. Fotokopi bukti keuangan (harus rekening koran print di bank di atas

Review XL Pass di Beberapa Negara

Setelah membahas bagaimana cara memilih travel pass yang cocok selama di Jepang, sekarang saya akan share pengalaman saya memakai XL Pass selama di Jepang. Apa sih XL Pass itu? Layanan roaming dari XL XL Pass merupakan paket roaming yang disediakan XL, namun berbeda dengan paket roaming yang disediakan operator lainnya. Sebenarnya agak susah bagi saya untuk menjelaskan XL Pass itu. Untuk gampangnya, sesuai namanya, XL Pass hanyalah pass yang bisa digunakan untuk roaming ketika di luar Indonesia. Pass itu tidak termasuk dengan kuota internet, seperti yang disediakan oleh layanan roaming dari operator selain XL. XL Pass tersedia dan bekerjasama dengan operator telekomunikasi di 39 Negara, baik di Asia ataupun Eropa. Memakai kuota dari paket yang aktif di Indonesia Nah, XL Pass tidak termasuk dengan kuota internet karena kuota internet yang terpakai adalah kuota dari paket yang aktif di Indonesia. Misalnya, di Indonesia, kamu memakai kartu XL yang ada paket internetnya,

Pengalaman Pertama ke Osaka Naik AirAsia X!

Dalam merayakan kemenangannya selama 8 tahun berturut-turut sebagai LCC terbaik di dunia, AirAsia pun memberikan promo kursi gratis di bulan Juli 2016. Saya pun menjadi salah satu orang yang beruntung mendapatkan promo itu. Saya berhasil mendapatkan harga yang super murah untuk penerbangan KUL-KIX-KUL periode libur lebaran 2017. Dengan promo itulah saya dapat mewujudkan impian saya ke salah satu destinasi impian, Jepang. Sebelum saya membahas bagaimana pengalaman jalan-jalan saya ke Osaka, saya mau membahas dulu bagaimana rasanya terbang pertama kali dengan AirAsia X di rute long-haul. Dari dulu saya penasaran bagaimana rasanya terbang dengan LCC di rute jarak jauh, dan akhirnya baru terealisasikan sekarang. Buat yang belum tahu, AirAsia X ini berbeda dengan AirAsia. Perbedaannya terletak di jenis pesawat, kelas, dan in-flight entertainment (IFE). Khusus IFE, jangan dibayangkan akan ada TV seperti di pesawat full service yah. Tentunya akan berbeda jika dibandingkan antara